Madera

Muhamad Rizki

Company Background

MADERA, which means ‘wood’, is a brand that focus to create and develop wood based products. Over the centuries, wood has became a culture because of its aesthetic and utility. Many usage and process for many years resulted in fixed and conservative perception about wood to society. Madera develops products based on material exploration including material mixing to get many possibilites to be applied on wood. With uncommon treatment and consideration of aesthetic and utility, Madera’s products appear to be different; bringing out another perception, renewing our conception about wood.

Company Culture

Setiap jenis kayu memiliki siklus hidup, baik pada pertumbuhannya, maupun pada penggunaannya. Sebuah pohon tumbuh menghasilkan batang yang yang kemudian kita kenal sebagai kayu dengan siklus yang panjang, yang ditandai dengan lingkaran tahun. Siklus tersebut juga menyebabkan kayu yang dihasilkan memiliki bagian yang keras (heartwood) dan bagian yang lunak (sapwood). Pada penggunaannya, kayu juga mengalami siklus yang panjang, mulai dari penebangan, penggunaan untuk bahan bangunan, meubel, hingga dimanfaatkan untuk membuat benda-benda kecil, bahkan setelah menjadi limbah, kayu masih dapat didaur ulang menjadi kayu olahan, atau dibakar dan kembali ke alam. Simbol ‘infinity’ yang terpatri pada logo MADERA adalah untuk menggambarkan dan mengingatkan kita pada siklus kayu tersebut yang terus berlangsung secara kontinyu.

Corporate Branding

Secara umum logo MADERA terdiri dari dua bentuk dasar, yaitu segitiga, bersudut di sebelah kiri, dan lingkaran (rounded) di sebelah kanan. Ini menggambarkan ciri khas pengembangan produk MADERA yang berbasis pada eksplorasi material dengan mengkombinasikan kayu yang sifatnya solid dengan material lain yang sifatnya lebih fleksibel. Ini juga berarti MADERA yang mengolah kayu yang sifatnya kaku, menjadi sesuatu yang nyaman dan dekat dengan keseharian pengguna. Selain itu, jika diperhatikan simbol infinity ini juga terlihat samar-samar sebagai huruf ‘M’ sebagai icon atau inisial dari MADERA.

Dalam logograph ini terdapat logotype kecil bertuliskan ‘MADERA’ di bawah bagian yang melingkar adalah simbol; bahwa MADERA bukanlah perusahaan kayu yang kaku yang hanya melihat kayu sebagai resources, melainkan MADERA sebuah industri kreatif yang mengedepankan dorongan bermain dan ide kreatif dalam menciptakan produk.

Vision

Menjadi perusahaan berbasis material kayu di Indonesia yang terdesain dan membumi.

Mission

  • Mengoptimalkan penggunaan material kayu yang ada di alam sebagai produk yang bernilai jual
  • Mengkombinasikan kayu dengan material lain sebagai bentuk eksplorasi material dan desain
  • Menyediakan produk-produk material kayu yang dapat dinikmati berbagai kalangan
  • Memberikan persepsi yang berbeda tentang kayu kepada masyarakat