Apa Itu Creative Business Incubator ?

 

Hallo Sobat IKM di seluruh Indonesia. Dihadapkan dengan wabah COVID-19 tentu menjadi tantangan bagi seluruh IKM di Indonesia. Bali Creative Industry Center (BCIC) dibawah naungan Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka, Kementerian Perindustrian  BCIC kembali hadir dalam program Creative Business Incubator (CBI) 2020. Sobat IKM pasti penasaran kan, apa itu CBI 2020?

Creative Business Incubator (CBI) merupakan program inkubator bisnis bagi pengusaha muda kreatif atau IKM khususnya pada bidang Fesyen dan Kriya dengan usia peserta maksimal 30 tahun pada bulan Desember tahun 2020  dengan usaha yang telah berjalan minimal selama 1 (satu) tahun. CBI merupakan program BCIC yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya. Program CBI dilaksanakan secara gratis bertujuan untuk membina dan mengembangkan IKM di bidang industri Kriya dan Fesyen di Indonesia dengan mendaftar melalui: bit.ly/CBI-BCIC2020

Dikarenakan wabah COVID-19, Program CBI dilaksanakan secara virtual (media online) untuk mengurangi penyebaran virus COVID-19 dan mengikuti anjuran protokol kesehatan. Pendaftar CBI yang lolos tahap seleksi akan mengikuti program inkubator yang dilaksanakan selama 3 (tiga) bulan secara intensif dari bulan September-November 2020.

Secara umum, metode pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan dalam sesi kelas (virtual), tugas observasi dan evaluasi. Dalam sesi kelas, peserta akan mendapatkan materi pembelajaran dari para mentor secara virtual meliputi materi strategi bisnis, value proposition, branding, 4 fungsi manajemen (pemasaran, keuangan, operasi dan SDM), bisnis plan dan bisnis pitching. Kemudian peserta akan diberikan tugas observasi / studi kasus mempelajari bisnis lain yang sejenis sebagai bentuk penerapan materi yang sudah didapatkan pada sesi kelas sebelumnya. Tugas observasi / studi lapangan kemudian dipresentasikan dihadapan mentor sebagai bahan evaluasi dan pembelajaran peserta.

Setelah peserta berhasil melewati seluruh pembelajaran, tugas lapangan dan evaluasi, pada akhir sesi peserta akan diberikan kesempatan untuk mengikuti bisnis pitching. Dalam sesi ini, peserta akan melakukan presentasi bisnis dihadapan angel investor, perbankan, pemerintah dan stakeholders lain. Pada tahun 2021, peserta akan mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan coaching esklusif dari mentor selama satu tahun. Untuk mendapatkan coaching tersebut, peserta diharuskan mendaftar ulang dan akan dilakukan seleksi kembali.

Keseruan program CBI bisa dilihat di kanal youtube Bali Creative Industry Center di link berikut : (https://www.youtube.com/watch?v=qhUaMrhcSuk), jangan lupa di subcribe ya sobat IKM!

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai CBI, Sobat IKM dapat  mengikuti  salah satu rangkaian program CBI yaitu talkshow sekaligus launching program CBI 2020  pada hari Rabu tanggal 29 Juli 2020. Acara tersebut akan diisi oleh BCIC, mentor dan alumni  CBI. Sobat IKM  dapat mendaftar melalui link berikut : bit.ly/WebinarCBI2020

Keuntungan lain Peserta CBI 2020 yang terpilih dan lolos seleksi adalah akan menjadi mitra binaan Kementerian Perindustrian RI, dimana akan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti berbagai program kementerian Perindustrian mulai dari pameran  nasional – internasional, fasilitasi akses KUR, fasilitasi sertifikasi ataupun keringanan pembelian mesin / peralatan produksi. Selain itu juga kesempatan untuk mengikuti program mentoring sebagaimana sudah dijelaskan sebelumnya.

Jangan lupa untuk follow Instagram : @bcicofficial, youtube : Bali Creative Industry Center, Website : https://bcic-ikm.net/

CP : Dickie Sulistya (0813-3147-7226 / Wayan Rona (0878-7755-1787)

Recent Posts

Pengumuman Peserta Lolos CBI 2020

Sehubungan dengan pelaksanaan program Inkubator Bisnis Kreatif BCIC Tahun 2020, dan berdasarkan hasil seleksi administrasi & wawancara yang telah dilakukan oleh tim dari Direktorat IKM

Read More »

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *